Saturday, October 19, 2013

Mas-NetBeans - Masih Bersama Mas NetBeans kali ini mas akan mengajarkan bagai mana membuat sebuah packages baru dan  form baru yang nantinya akan kita gunakan sebagai media tempat meletakan komponen program yang akan kita gunakan. Ada beberapa langkah sebelum membuat sebuah packages dan form baru ini  yang harus di lakukan oleh anda. baik hal pertama yang harus dilakukan adalah anda harus memulai membuka program NetBeans sobat jika belum punya softwarenya silahkan baca artikel kami yang sebelumnya tentang Komponen program NetBeans IDE dan JDK (The Java Development Kids) baik saya anggap anda sudah punya softwarenya dan anda sudah memulai program netbeans tersebut.

Ini adalah gambar awal dari program Java/NetBeans
Ini adalah gambar awal dari program Java/NetBeans
  • Hal pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus membuat sebuah Project New jika belum tau caranya lihat di bawah ini :
Langkah awal saat membuat projact
Langkah awal saat membuat projact
Langkah kedua saat membuat project
Langkah kedua saat membuat project
Warning
  • Pastikan anda memberi nama projact yang anda buat dan jangan anda menggunakan spaci karena itu akan membuat langkah selanjutnya tidak bisa berjalan

  • Hal kedua kita harus membuat sebuah Packages jika belum tau caranya lihat gambar di bawah ini disitu tertera tulisan Klik kanan pada souce packages - New - Java Packages yang berwarna kuning kalok tidak salah dan berbentuk kotak.
Langkah membuat packages
Langkah membuat packages
  • Langkah selanjutnya program akan menampilkan sebuah form baru yang disitu anda harus memberi nama sebuah packages yang anda buat jika belum tau lihat gambar dibawah ini :
Langkah ke-2 membuat packages
Langkah ke-2 membuat packages
  • Selanjutnya nanti kita akan membuat sebuah form baru ini berguna untuk mendesain dan memasukan komponen program yang nantinya kita buat. di dalam form nantinya kita akan memdapatkan sebuat packages yang sudah disediakan oleh program netbeans itu sendiri langsung saja kita buat sebuah form baru lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas :
Langkah Membuat Jpanel Form
Langkah Membuat Jpanel Form
Tampilan form yang kita buat


Form Baru
  • Form baru telah dibuat selanjutnya kita akan mempelajari tentang bagaimana meletakan kode program dan meletakan komponen-komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah program Tapi ! ! ! ! ! ! ! ! ! ! ! ! ! ! !
Itu akan kita bahas di artikel selanjutnya

Terima kasih          

   

Mas Netbeans s.kom
Nip : 234567890-9876543

2 comments:

Terimakasih telah membaca artikel di atas. Silahkan berkomentar sesuai topik bahasa.

► Berkomentarlah yang baik dan sopan
► Jangan membuat rusuh
► Jangan lupa like fans page atau follow blog ini ya ! ! ! ! !
► Kami menyarankan agar menggunakan ID Google+ saat berkomentar

post new